Tips Selamatkan Diri ketika Gempa, BMKG: Lakukan ini Saat dalam Bangunan

Tips Selamatkan Diri ketika Gempa

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatakan telah terjadi gempa di Karangasem, Bali pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Gempa berkekuatan 4,8 magnitudo yang terjadi pukul 03.18 WIB tersebut mengakibatkan bangunan mengalami kerusakan serta tebing longsor. Lalu saat terjadi gempa seperti itu, tindakan apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri.

Melansir dari www.bmkg.go.id berikut tips untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa adalah:

1 Dalam bangunan
Jika saat gempa terjadi Anda sedang berada di dalam rumah atau bangunan lain usahakan untuk melindungi kepada dan tubuh Anda dari puing-puing reruntuhan. Cari tempat yang menurut Anda paling aman seperti di bawah meja dan lainnya. Anda dapat keluar dari rumah atau bangunan apabila hal tersebut memungkinkan.

2 Area terbuka
Ketika terjadi gempa posisi Anda tengah berada di luar bangunan atau area terbuka maka usahakan untuk menjauh dari hal yang dapat mengakibatkan Anda celaka. Sebaiknya Anda menghindari berdekatan dengan gedung, tiang listrik, pohon atau hal lainnya. Perhatikan juga tempat dimana anda berdiri, pastikan tidak ada tanah yang retak disekitarnya.

3 Saat berkendara
Apabila Anda sedang mengendarai mobil khususnya, usahakan untuk keluar dulu dari kendaraan Anda saat gempa berlangsung. Jauhi kendaraan Anda untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran.

4 Ketika di pantai atau pegunungan
Saat guncangan gempa terasa, usahakan untuk menjauh dari pantai apabila Anda sedang berada di tempat tersebut. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menyelematkan diri dari bahaya tsunami yang mungkin terjadi. Lalu ketika Anda tengah berada di daerah pegunungan maka menjauhlah dari area yang berpotensi terjadi longsoran.

Itulah langkah yang dapat Anda lakukan sesuai panduan BMKG untuk menyelamatkan diri ketika terjadi gempa. Anda juga perlu memahami apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan sesuai dengan posisi Anda berada saat gempa berlangsung. (T)

Pos terkait