Apakah di Perbolehkan Sholat Khusus untuk menolak Bala’ Virus Corona?

Doa Khusus

Penunjuk.com – Pertanyaan : Apakah di perbolehkan kita untuk Sholat Khusus Menolak Bala’ Virus Corona?

Jawaban : Ulama Al Azhar Syarif menjawab pertanyaan untuk musibah ‘ammah yang sedang melanda Umat manusia semua. Markaz Azhar menyatakan bahwa syariat yang diajarkan ke kita semua adalah demi menjaga keberlangsungan kebaikan umat manusia dari ibadahnya, kehidupannya, sosialnya bahkan kesehatannya.

Salah satu keutamaan syariat yang diajarkan adalah sholat dan berdoa untuk meminta perlindungan atas datangnya bala’ dan musibah.

Sayyidah Aisyah RA Ummul Mu’minin berkata:
“خَسَفَتِ الشمسُ في عهد رسول الله -صلى الله عليه وسلم-، فصلَّى بالناسِ، ثم خطَب الناسَ، فحمِد الله وأثنَى عليه، ثم قال: «إن الشمس والقمر آيتانِ مِن آيات الله، لا ينخسِفانِ لموت أحدٍ ولا لحياته، فإذا رأيتُم ذلك فادعُوا الله، وكبِّرُوا، وصَلُّوا، وتصدَّقُوا» [متفق عليه]”

Artinya : Terjadi Gerhana pada masa Rasulullah SAW dan Ia sholat dengan orang-orang kemudian berkhutbah diantara mereka dan Allah memujiNya kemudian bersabda” Bahwasanya Matahari dan Bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Keduanya tidak akan mempengaruhi kematian dan kehidupan seseorang. Jika kalian melihatnya maka berdoalah kepada Allah, Takbir, Sholat dan Bersedekah ( HR Bukhori Muslim).

Dari Riwayat diatas Markaz Azhar menegaskan bahwa diperbolehkan bagi kaum muslimin mengerjakan sholat ketika terjadi hal-hal besar yang menimpa seperti bencana alam yang menimpa, kekeringan bahkan datangnya wabah penyakit.

Hukum Sholat khusus untuk Virus Corona

Imam Nawawi berkata :

“«الصَّحيح المشهور أنَّه إن نزلت نازلة كعَدُوٍّ وقحطٍ ووباء وعطش وضرر ظاهر في المسلمين ونحو ذلك، قَنَتُوا في جميع الصَّلوات المكتوبة»”

Artinya : Yang paling masyhur adalah ketika datana musuh, kekeringan, wabah, kehausan dahsyat, kerusakan-kerusakan yang nyata atas kaum muslimin dan sejenisnya, sampaikanlah (doa khusus) di setiap Sholat Lima Waktu”.

Dia menambahkan :

قوله -صلى الله عليه وسلم : فإذا رأيتموها فافزَعوا للصلاة

Artinya : “Maka Ketika kalian merasa melihatnya, Maka bergegaslah untuk sholat”

Riwayat lain :

.فصلُّوا حتى يُفرِّج اللهُ عنكم”، معناه: بادِرُوا بالصلاة وأسرِعوا إليها؛ حتى يزولَ عنكم هذا العارضُ الذي يُخافُ كونُه مُقدِّمةَ عذابٍ”

Artinya : “Sholatlah kalian sampai Allah menyelesaikannya”

Maknanya adalah Bergegaslah kalian untuk sholat dan berdoa kepada Allah untuk di angkat wabah tersebut yang membuat ketakutan dimana-mana.

Al Hafidz Ibnu Hajar juga mengatakan :

«قال الطيبيُّ: أُمِروا باستدفاعِ البلاء بالذِّكر والدُّعاء والصَّلاة والصَّدقة»، فالفزع إلى الصَّلاة عند وقوع البلاء من سُنَّة الأنبياء والأولياء الأصفياء

“At Tibi bilang : Kalian diperintahkan untuk meolak bala’ dengan cara Berdzikir, Berdoa, Sholat dan Bersedekah.” Maka Sholat ketika datangnya bala’ yang menakutkan adalah hal yang di kerjakan Nabi Terdahulu, Para Wali dan Orang-orang yang baik.

Dari beberapa tanbih diatas, Ulama Azhar memperbolehkan kita mengumpulkan masyarakat untuk sholat menolak bala’.

Firman Allah SWT ” {قُلۡ مَن يُنَجِّيكُم مِّن ظُلُمَٰتِ ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ تَدۡعُونَهُۥ تَضَرُّعٗا وَخُفۡيَةٗ لَّئِنۡ أَنجَىٰنَا مِنۡ هَٰذِهِۦ لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلشَّٰكِرِينَ * قُلِ ٱللَّهُ يُنَجِّيكُم مِّنۡهَا وَمِن كُلِّ كَرۡبٖ}

Artinya :Katakanlah: “Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, yang kamu berdoa kepada-Nya dengan rendah diri dengan suara yang lembut (dengan mengatakan: “Sesungguhnya jika Dia menyelamatkan kami dari (bencana) ini, tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur””.

Semoga dengan ikhtiar kita ummat muslimin seluruh dunia bisa meredakan wabah virus corona yang melanda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *