4 Rumus dan Cara Penjumlahan di Excel dengan Mudah

Cara Penjumlahan di Microsoft Excel

Rumus Penjumlahan di Excel hampir selalu digunakan untuk mempermudah kinerja kita. Banyak sekali fitur penghitungan di Microsoft Excel ini yang bisa kita perbuat.

Namun ada beberapa yang belum mengetahui cara menjumlahkan di microsoft excel. Mulai dari Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian dan lain-lain.

Berikut Rumus Penjumlahan di Excel yang bisa kamu ikuti :

1. Rumus Penjumlahan Biasa

Untuk cara yang satu ini mudah sekali, kamu hanya manambahkan simbol “= dan +” di sel yang kosong lalu ketikkan sel mana saja yang mau kita tambahkan. Bisa manual dengan di ketik atau di klik pada sel yang kita inginkan.

Rumus Penjumlahan Standart

Contoh diatas adalah penjumlahan total nilai semester. Caranya klik di sel “G” yang kosong lalu ketik =C1+D1+E1+F1 (Nilai Semester si Madun) lalu klik enter.

Untuk lebih praktisnya kamu tidak usah mengetik secara manual. Tinggal klik sel mana yang ingin kamu tambahkan lalu kasih simbol “+” lalu enter. Maka hasilnya akan seperti ini.

Hasil Rumus Penjumlahan Standart

Cara ini bisa juga dibuat menurun dan acak tergantung kebutuhan kita.

2. Rumus Menjumlahkan Beda Kolom/Sel

Untuk rumus yang satu ini juga bisa langsung kamu aplikasikan pada contoh gambar diatas. Yaitu kamu tinggal menaruh kursor di “kotak sel G” pojok yang paling bawah kanan sampai kursor berwarna hitam tebal.

Rumus Penjumlahan Beda Kolom

Selanjutnya tinggal kamu tarik kebawah maka hasilnya otomatis akan keluar. Contohnya seperti ini.

Hasil Rumus Penjumlahan Beda Kolom

3. Rumus Penjumlahan dengan SUM Manual

Selain menggunakan simbol “+” untuk menjumlahkan, Microsoft excel juga menyediakan fungsi “SUM”. Untuk mayoritas pengguna excel yang sudah terbiasa, lebih memilih cara yang satu ini karena lebih efektif dalam penjumlahan yang banyak dan berurutan.

Sebagai Contoh kita ingin menambahkan Total Stok Buah di excel…

Rumus Penjumlahan dengan SUM

Caranya ketik di sel C9 dengan rumus =SUM(C2:C8) lalu klik enter/return maka hasilnya akan muncul “1645“.

Hasil Rumus Penjumlahan dengan SUM

4. Rumus Penjumlahan dengan Auto Sum

Untuk yang satu ini proses penjumlahannya adalah secara otomatis. Kamu tinggal menaruh kursor kamu di kolom kosong yang ingin di jumlahkan. Lalu arahkan mouse ke Beranda > grup pengeditan > lalu klik AutoSum.

Setelah itu akan muncul kolom yang sudah ditandai secara otomatis untuk di proses penambahannya. Lalu tekan enter, maka akan muncul hasilnya seketika.

Rumus Penjumlahan dengan AutoSum

Pos terkait