Hukum Shalat Berjamaah untuk Laki-laki

  • Whatsapp
Hukum Sholat Berjamaah

Hukum Shalat Berjamaah seharusnya menjadi salah satu prioritas pertanyaan umat islam dimanapun ia berada. Karena dengan “berjamaah” kita akan merasa kuat dan erat ikatannya satu sama lain.

Sesungguhnya Nabi SAW sudah mengajarkan kita untuk senantiasa Shalat berjamaah di Masjid. Kita bahkan bisa melaksanakannya di Rumah, Tempat kerja bahkan tempat wisata.

Bacaan Lainnya

Adapun Hukum Shalat berjamaah untuk laki-laki adalah Wajib ‘ain menurut Jumhur Ulama.

Madzhab Hambali, Sebagian Hanafiyah, Sebagian Syafi’iyyah, Ulama Salaf, Hadits Hadist Pilihan Bukhori, Ibnu Hazm, Ibnu Taimiyah, Bin Baz

Dalil :

Alquran QS Annisa 102

قال اللهُ تعالى : وَإِذَا كُنتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ ٱلصَّلَوٰةَ فَلْتَقُمْ طَآئِفَةٌ مِّنْهُم مَّعَكَ وَلْيَأْخُذُوٓا۟ أَسْلِحَتَهُمْ فَإِذَا سَجَدُوا۟ فَلْيَكُونُوا۟ مِن وَرَآئِكُمْ وَلْتَأْتِ طَآئِفَةٌ أُخْرَىٰ لَمْ يُصَلُّوا۟ فَلْيُصَلُّوا۟ مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوا۟ حِذْرَهُمْ وَأَسْلِحَتَهُمْ . النساء: 102

Artinya : Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu], dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata.

Pemahamannya dari ayat ini ada beberapa yaitu:

Pertama

.أنه تعالى أمرَهم بصلاةِ الجماعة معه في صلاةِ الخوفِ، وذلك دليلٌ على وجوبها حالَ الخوفِ، وهو يدلُّ بطريقِ الأَوْلى على وجوبِها حالَ الأمنِ

(Ini adalah perintah shalat berjamaah dalam shalat Khouf, yaitu sholat disaat ada ancaman dan lain-lain. Dalil dari kewajibannya adalah “ketakutan akan terjadi apa-apa oleh sebab itu wajib berjamaah” )

Kedua 

Bahwasanya Allah SWT mewajibkan sholat berjamaah, lalu Allah SWT juga mewajibkan untuk grup jamaah selanjutnya dengan kalimat “ولتأت طائفة أخرى لم يصلوا فليصلوا معك “. Dengan dalil ini menyatakan bahwa sholat Jamaah adalah Wajib ‘ain.

Meskipun secara umum sholat Jamaah adalah sunnah itu di karenakan alasan terbesarnya adalah adanya rasa “ketakutan” dari fihak luar.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *