Hukum Menyembelih hewan kurban untuk di distribusikan ke luar negeri

  • Whatsapp
Hewan Kurban

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Ustad, Bagaimana Hukum Mendistribusikan hewan untuk kurban ke Luar Daerah dan bahkan ke luar Negeri?

Bacaan Lainnya

Waalaikumsalam Warohmatullohi Wabarokatuh

Sebenarnya menyembelih kurban yang paling utama adalah dengan tangannya sendiri lalu di berikan ke masyarakat sekitar. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, banyak sekali umat muslim yang mempunyai i’tikad menyembelih hewan kurban per rumah. Dan ini sering terjadi di daerah perkotaan.

Dengan kondisi seperti ini, terjadi surplus daging di kawasan tertentu dan itu harus di distribusikan. Maka muncullah beberapa dewan pengurus yang khusus mengurus akan hal ini. Bahkan pengirimannya bisa ke luar negeri seperti ke Benua Australia dan Amerika.

Jumhur Ulama memperbolehkan pendistribusian daging hewan kurban ke luar daerah dengan syarat penerimanya adalah muslim. Bahkan tetap sama pahalanya juga meskipun hewan masih hidup dan di sembelih orang lain di negara penerima.

Baca Juga : Hukum menyembelih hewan kurban untuk orang yang sudah meninggal

Ulama Hanafiah Imam Burhanuddin Mazih di Kitab “Al Muhidl”
“الرجل إذا كان في مصر وأهله في مصر آخر، فكتب إليهم أن يضحوا عنه، فإنه يعتبر مكان الذبيحة، فينبغي أن يضحوا بعد صلاة الإمام في المصر الذي يذبح فيه”

artinya : Jika seseorang di suatu tempat/masa dan keluarganya di tempat/masa yang lain, lalu ia ingin menulis (mengikutsertakan) mereka untuk berkorban untuknya, Maka itu dianggap sebagai tempat berkurban. Seyogyanya berkurbanlah setelah sholat Dluha di tempat/masa dimana hewan di sembelih.

Nash dari Syafi’iyah juga menyatakan lewat Ibn Qosim Al ‘Abadi dari Imam Zakaria Al Anshori mengatakan di dalam kitah “Raudloh”:

 “ونقلها عن بلدها كنقل الزكاة”

Artinya : Memindahkan hewan kurban ( dalam hal ini) seperti memindahkan Zakat.

Kesimpulannya diperbolehkan mendistribusikan Hewan Kurban untuk ke luar negeri dengan syarat dan ketentuan yang tidak melanggar syara’.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *