10 Alasan Si Kecil Harus Rajin Minum, Dapatkan Manfaat Air untuk Tubuh

Bayi Minum Air Putih

Penunjuk.com – Beragam manfaat air membuatnya dibutuhkan bagi semua makhluk hidup, terutama manusia. Bunda mungkin bertanya-tanya, apakah sudah cukup minum setiap harinya? Apakah kebutuhan air anak-anak sudah terpenuhi? Dan banyak lagi pertanyaan lainnya, termasuk tentang apa saja sih sebenarnya manfaat air secara detail?

Jumlah air yang dibutuhkan anak-anak tergantung pada usia, ukuran tubuh, kesehatan, dan tingkat aktivitas mereka. Selain itu, cuaca, yaitu suhu dan tingkat kelembapan juga menjadi faktor pengaruh kebutuhan air pada anak setiap harinya.

Sebenarnya, apa saja sih manfaat air untuk tubuh, dan kenapa anak harus minum air? Yuk simak 10 alasan Si Kecil harus minum air berikut ini:

1. Mengatasi dehidrasi
Mengingat dehidrasi dapat memperlambat metabolisme pada Si Kecil hingga 3 persen, dan menyebabkan kelelahan, maka penting bagi mereka untuk cukup minum air setiap harinya. Manfaat air salah satunya adalah menghilangkan dehidrasi yang dialami 75 persen orang, termasuk anak-anak.

Bunda bisa sediakan air di dalam mobil atau tas yang dibawa pergi bersama Si Kecil, karena dehidrasi bisa terjadi dengan cepat. Penting juga untuk selalu ingat membawakan sebotol air dalam ransel atau tas olahraga, agar mereka bisa langsung minum saat haus.

2. Membantu anak dengan asma dan alergi
Anak-anak membutuhkan air untuk pertumbuhan sel mereka. Saat bertumbuh, 75 persen dari volume sel harus diisi dengan air. Ini kenapa anak-anak mudah terserang asma dan alergi selama tahap tumbuh kembang fisik, jika tidak mendapat cukup air untuk sistem tubuh mereka berfungsi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asma bisa disebabkan karena dehidrasi kronis. Anak-anak juga rentan terhadap alergi jika mereka meningkatkan asupan makanan tanpa diimbangi asupan air juga. Karenanya manfaat air salah satunya untuk membantu meredakan asma dan alergi.

Jika Si kecil menderita alergi, pastikan mereka minum segelas air sebelum makan. Sedangkan anak dengan asma perlu minum lebih banyak air dan berhenti minum soda atau minuman yang mengandung kafein. Perlu juga untuk mengurangi konsumsi jus jeruk yang dapat memicu reaksi alergi pada beberapa anak.

3. Mengurangi sakit perut karena lapar
Apakah Si Kecil sering bangun di malam hari dan mengeluh lapar atau haus? Jika demikian, Bunda bisa memberi mereka segelas air satu jam sebelum tidur atau bahkan 30 menit sebelum tidur. Jika mereka masih bangun dengan rasa lapar atau haus, beri mereka segelas air lagi.

Salah satu manfaat air termasuk mengurangi sakit pada perut akibat lapar. Karenanya, Bunda perlu memberi Si Kecil minum seperti anjuran tersebut. Mungkin Bunda berpikir bahwa mereka bakal begadang semalaman karena ingin ke kamar mandi, tapi jika tubuh anak membutuhkan air, maka apa yang mereka minum akan digunakan untuk mengisi kembali organ dan selnya.

4. Mengurangi kelelahan dan membantu anak belajar
Saat haus, anak akan mudah lelah. Penelitian menunjukkan bahwa, tidak mengisi kembali tubuh dengan air secara cukup merupakan pemicu nomor satu kelelahan pada siang hari. Menurut Fereydoon Batmanghelidj, manfaat air salah satunya merupakan sumber energi utama dan disebut sebagai ‘cash flow’ tubuh.

Bunda bisa lebih sering mengingatkan Si Kecil untuk minum di saat jam istirahat, jika mereka berada di sekolah. Siapkan air minum juga saat mereka sedang belajar di rumah, karena manfaat air juga bisa menjaga otak anak tetap bekerja dengan baik. Selain itu, air juga mengintegrasikan fungsi pikiran dan tubuh, sehingga membantu Si Kecil untuk memikirkan tujuan mereka.

5. Meringankan sakit pada punggung dan sendi
Nyeri punggung, sendi, dan juga otot bukan selalu terjadi karena penuaan. Rasa sakit ini juga bisa terjadi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan. Penelitian menunjukkan bahwa 8 sampai 10 gelas air sehari dapat secara signifikan meredakan nyeri punggung, sendi, dan otot hingga 80 persen pada penderitanya.

Jika Si Kecil sedang mengalami nyeri karena pertumbuhannya, beri mereka banyak air sepanjang hari dan segelas air sekitar satu jam sebelum mereka tidur, supaya mereka bisa mengosongkan kandung kemih sebelum tertidur. Cara ini seharusnya sangat membantu.

6. Membantu masalah short term memory
Tahukah Bunda bahwa hanya 2 persen saja penurunan kadar air dalam tubuh, dapat mengganggu memori jangka pendek? Ini juga yang menyebabkan anak-anak mengalami masalah dalam memahami matematika dasar, serta mengalami kesulitan untuk fokus pada layar komputer atau halaman dalam buku.

Manfaat air jika diminum sesuai anjuran setiap hari, dapat membantu mencegah kehilangan ingatan hingga usia tua. Sebelum memulai belajar atau menyelesaikan pekerjaan rumah, pastikan Si Kecil sudah minum segelas besar air. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bawakan juga air untuk mereka minum di sekolah.

7. Mengurangi risiko kanker jenis tertentu
Manfaat air putih yang diminum setiap harinya antara lain dapat membantu menangkal kanker jenis tertentu, seperti berikut ini:

Minum 5 gelas air setiap hari membantu mengurangi risiko kanker usus besar sebesar 45 persen.
Minum 5 gelas air setiap hari dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 79 persen.
Ketika seseorang minum setidaknya 5 gelas air sehari, 50 persen lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kandung kemih.
Air juga membantu menormalkan sistem produksi darah di sumsum tulang, yang membantu mencegah leukemia dan limfoma pada masa kanak-kanak.
Meskipun beberapa jenis kanker tersebut bukan yang umum terjadi pada anak-anak, tapi ada baiknya untuk membiasakan mereka minum air dengan cukup setiap harinya. itu akan membantu mencegah kanker tersebut ketika mereka dewasa, karena air mendorong sistem kekebalan bekerja dengan maksimal dan dapat melawan infeksi sel kanker di mana terbentuknya.

8. Manfaat air jika diseruput atau diteguk
Jika Si Kecil menyeruput air sepanjang hari, ini akan menjaga sistem dalam tubuh mereka terhidrasi dan kemampuan mereka untuk belajar akan meningkat secara substansial. Jika mereka meneguk air, atau meminumnya dengan sangat cepat, itu akan membersihkan sistem dalam tubuh mereka.

Menyeruput atau meneguk, keduanya bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Si Kecil. Disarankan agar anak-anak sering menyeruput air sepanjang hari, untuk menjaga pikiran mereka dalam kondisi prima. Jika perlu membersihkan tubuh, minta mereka untuk meneguknya

9.Soda, jus, atau susu bukan termasuk asupan Air
Beberapa orang mungkin berpikir bahwa asupan cairan yang dimaksud untuk dikonsumsi sehari-hari agar terhidrasi termasuk susu, jus, bahkan soda. Namun kenyataannya, meski berbentuk cairan, jenis minuman tersebut tidak memberikan manfaat air yang diperlukan tubuh.

Jadikan air putih sebagai pilihan minuman utama untuk keluarga. Bunda akan melihat Si Kecil berenergi dan selalu bisa fokus dengan mudah setiap harinya. Otak mereka akan bekerja lebih baik dan efisien, yang pada akhirnya memberikan pengalaman belajar yang lebih sehat dan positif.

10. Membantu membersihkan kulit pada remaja
Saat beranjak remaja, buah hati Bunda akan mulai khawatir terhadap kulit mereka. Punya kulit yang sehat dan bebas jerawat jadi penting bagi remaja, bukan semata-mata untuk penampilan, tapi lebih karena alasan kesehatan.

Ada berbagai penyebab jerawat pada remaja, tapi manfaat air berperan besar di sini. Minum banyak air, meninggalkan soda, dan konsumsi lebih banyak buah serta sayuran dapat membantu membersihkan sel-sel kulit. Minum air setiap hari akan membantu memperbaiki kulit remaja, seperti berikut ini:

  • menghilangkan racun dari dalam tubuh
  • membilas sistem apapun dalam tubuh
  • menghidrasi kulit
  • membuat kulit lebih halus
  • mengurangi efek penuaan

Dorong anak remaja Bunda untuk minum banyak air setiap hari. Ini akan membantu mereka mengatasi masalah kulitnya. Semakin banyak air yang kita minum, semakin sehat dan bebas noda pada kulit.

Sekarang Bunda sudah tahu banyak sekali manfaat air untuk tubuh, terutama pada anak-anak. So, jangan sampai kurang asupan air harian untuk keluarga ya, Bunda!

{Source : Haibunda}

Pos terkait